14 Jun 2011

Rancangan Slide (Slide Design)

Rancangan slide, dapat dikonfigurasi dari awal, hal ini dimungkinkan, karena  tersedianya fasilitas template untuk kebutuhan ini. Untuk mengaktifkan slide design dapat dilakukan langkah sebagai berikut:
a.       Klik menu Format Slide Design, atau dengan mengklik ikon yang terdapat pada halaman toolbar, sehingga jendela asli didesignakan  tampil pada sisi kanan halaman kerja.
b.      Pada menu Slide design terdapat tiga pilihan komponen, masing-masing  yaitu Design templates untuk mengaktifkan template yang ada dalam  Power Point 2003, Color Schemes, digunakan untuk mengatur skema  warna yang akan digunakan pada slide dan Animation Shceme, untuk  mengatur tampilan animasi pada saat slide dijalankan. Masing-masing dapat dijelaskan sebagai berikut:
1)   Design Template
  1. Pada opsi Design Template, ditampilkan pilihan desain template  yang tersedia. Seorang desiner dapat menggunakan salah satu  design template yang tersedia ini sebagai tampilan halaman  slidenya, dengan menggerakkan scrollbar secara vertical keatas atau kebawah.
  2. Jika ingin menambahkan fasilitas design template, maka dapat dilakukan dengan mengklikopsi , yang terdapat di bawah design template
  3. Kemudian pilih salah satu folder template yang ada 1033 atau Presentation Design, kemudian pilih salah satu desain yang disukai.
2)   Color Schemes
  1. Opsi Color Schemes, digunakan untuk mengatur konfigurasi  warna yang akan digunakan pada halaman slide, diantaranya konfigurasi warna
  2. Konfigurasi warna ini dapat diedit sesuai dengan kebutuhan dan  estetika pewarnaan yang akan diimplementasikan, dengan mengklik tombol , yang terdapat dibagian  bawah dari template colors themes.
  3. Pada menu edit colors chemester dapat dua tab pilihan, yaitu standar dan custom.
  4. Pada tab Standard, pilih salah satu warna standar yanga kan digunakan, kemudian dapat dilihat efeknya pada halaman slide dengan menekan tombol , jika dirasa telah cocok, maka dapat diaktifkan dengan menekan tombol , sedangkan untuk membatalkannya  klik tombol .
  5. Pada tab Custom, pengaturan colors chemes dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan keinginan desainer slide.
  6. Dengan pilihan konfigurasi warna custom, pengaturan warna   dapat dilakukan terhadap komponen background, teks andlines, shadow, titletext, fill dan sebagainya.
  7. Proses pengubahan warna dari masing-masing komponen warna  kustom dapat dilakukan dengan mengklik komponen warna yang akan diuabah warnanya, kemudian klik tombol  .
  8. Pilih salah satu warna yang disukai, kemudian klik tombol  Lakukan hal serupa untuk setiap komponen kustom warna yang Ingin diubah warna standarnya.
3)Animation Schemes
a.       Pada opsi animation schemes, terdapat pilihan skema animasi  yang dapat diterapkan pada sebuah tampilan slide.
b.      Untuk melihat efek yang ditimbulkan dari masing-masing skema animasi maka dapat dilakukan dengan mengklik tombol , guna melihat hasil preview dari animasi yang dipilih. Sedangkan  untuk melihatnya secara full screen dalam format slide show, dilakukan dengan menekan tombol , dan jika skema  animasi yang dibuat akan diterapkan pada semua slide, maka klik tombol .
c.       Pembahasan tentang teknik animasi ini akan dibahas pada modul tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar