Fungsi media audio menurut Arsyad ( 2003 : 44 ) beliau mengutip pendapat sudjana dan Rivai ( 1991 : 130 ) adalah untuk melatih segala kegiatan pengembangan keterampilan terutama yang berhubungan dengan aspek – aspek keterampilan pendengaran, yang dapat dicapai dengan media audio ialah berupa :
Ø Pemusatan perhatian dan mempertahankan perhatian.
Ø Mengikuti pengarahan.
Ø Melatih daya analisis.
Ø Menentukan arti dan konteks.
Ø Memilah informasi dan gagasan.
Ø Merangkum , mengingat kembali dan menggali informasi.
Fungsi lain dari Media Audio adalah sebagi alat Bantu bagi para pendidik, karena sifatnya hanya sekedar membantu, maka dalam pemamfaatannya memerlukan bantuan metode atau media lain, sehingga pengalaman dan pengetahuan siap dimiliki oleh pendengar yang akan membantu keberhasilan.
Selain itu juga Sudjana (2005 : 129 ) menambahkan pemanfaatan fungsi Media Audio dalam pengajaran terutama digunakan dalam :
Ø Pengajaran musik literaty ( pembacaan sajak ) , dan kegiatan dokumentasi.
Ø Pengajaran Bahasa Asing , baik secara Audio ataupun secara Audio Visual.
Ø Pengajaran melalui radio atau radio pendidikan.
Ø Paket – paket untuk berbagai jenis materi , yang memungkinkan siswa dapat melatih daya penafsirannya dalam suatu bidang studi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar